Thursday, September 6, 2018

6 Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Memasang Atap Baja Ringan

selain faktor kekuatan pada daya tahan terhadap tekanan beban yang berat jika dibanding rangka kayu atap baja memiliki umur yang relatif panjang. Atap baja ringan mampu bertahan lebih dari 10 tahun. Itu karena baja ringan dibuat dari bahan hi-ten g550 lapis zinc dan alumunium terbaik.
Atap baja ringan juga sangat mudah dipasang, kemudahan pemasangan juga akan menyebabkan efesiensi waktu dalam proses pembangunan rumah. Baja ringan juga tahan api sehingga cendrung lebih aman jika dibandingkan kayu. Dengan banyaknya keunggulan yang ada pada baja ringan tentu sangat menarik untuk memasangnya pada rumah atau bangunan yang akan kita buat.

Namun sebelum memilih dan memutuskan untuk menggunakan baja ringan untuk rangka atap sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Pastikan Bentuk Atap yang Diinginkan
Bentuk atap akan sangat berpengaruh pada estetika rumah. Ibaratnya sebuah rambut pada manusia, atap juga berfungsi sebagai mahkota sebuah rumah. Jadi merancang jenis atap yang diinginkan sangatlah penting. Hal itu juga akan berpengaruh pada perhitungan biaya bahan dan pemasangan.
Jangan sampai saat kita sudah mulai dipasang lalu berubah dan tidak cocok dengan bentuk rumah. Hal ini tentu akan sangat merugikan baik dai segi waktu maupun biaya yang telah dikelarkan.

  1. Buat Rancangan yang Jelas
Rancangan kerja ini merupakan rancangan yang jelas pada atap. Rancangan kerja ini menentukan bentuk kuda-kuda jark dan kebutuhan kuda-kuda dalam pemasangan rangka atap baja ringan. Jika sudah memiliki rancangan yang jelas maka akan mudah untuk memperhitungkan estimasi dana yang harus dikeluarkan dalam proses pemasangan.
Ketika kita menggunakan rangka atap dari kayu maka kita dapat mengukur dan menghitungnya, kemudian menempelkanya pada rangka atap. Namun saat menggunakan rangka atap dari baja ringan maka dibutuhkan perhitungan khusus, agar tepat dan pas untuk rangka rumah. Jika Salah perhitungan maka rangka atap tidak akan berdiri dengan baik.

  1. Pastikan Bahan Berkualitas
Pemilihan bahan menjadi faktor penting dalam pemasangan rangka atap. Bahan yang kita pilih juga akan sangat berpengaruh pada jenis atap yang akan kita gunakan sehingga rangka dapat menopang atap dengan baik.
Pemilihan atap dari bahan SNI sangat direkomendasikan, pemilihan bahan berkualitas juga harus melihat faktor penjualnya. Penjual yang recommended dan terpercaya akan memudahkan kita sebagai pembali.

  1. Perhitungkan dengan Baik Anggaran Biaya
Perlu diakui jika atap baja ringan cendrung lebih mahal dari kayu, namun hal itu sebaganding dengan keunggulan dan benefit yang didapatkan. Maka untuk itu perhitungan biaya yang digunakan harus tepat dan sesuai. Pastikan rancangan yang dibuat sesuai dengan budget yang dimiliki. 

  1. Materi Penutup
Hal terakhir yang juga harus sangat diperhatikan karena akan berpengaruh pada jenis rangka baja yang akan kita pakai adalah atap. Jangan sampai kita memilih atap yang tidak sesuai dengan rangka yang kita gunakan.

Itu adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan atap baja ringan sebelum kita memasangnya pada konstruksi bangunan rumah



Baja ringan cimahi 0811 2049 113 

No comments:

Post a Comment