Thursday, August 23, 2018

Cara Pemasangan Plafon Rumah

Persiapan

Sebelum memulai membuat rangka plafon, ada beberapa item yang harus disiapkan. Adapun alat-alat yang biasa disiapkan untuk memulai pekerjaan ini antara lain meteran, bor listrik, mata bor untuk sekrup, alat pemotong besi, pensil atau spidol, paku beton, lis, papan plafon yang akan dipasang, lem, dan lain-lain sesuai kebutuhan.
Bila semua alat dan bahan telah siap, maka selanjutnya adalah membuat rangka plafon.
  • Menentukan titik ketinggian.

Mengukur titik elevasi atau ketinggian plafon dilakukan dengan cara mengukur ketinggian total dari lantai atau kusen. Seperti yang disebutkan sebelumnya, semakin tinggi plafon dibuat, dampaknya akan terasa pada suhu dalam ruangan tersebut. Untuk menandai titik ini, alat yang digunakan dapat berupa pensil, spidol, atau bahkan paku.
  • Memasang hollow atau kayu.

Hollow atau kayu difungsikan sebagai dinding dengan ukuran yang berbeda-beda antara satu dan yang lainnya. Pemasangan ini disesuaikan dengan model rangka yang akan digunakan. Jangan lupa, pastikan bahwa ketinggian di setiap sudutnya sama. Adapun pemasangan hollow atau kayu ini nantinya dimulai dari pinggir secara berurutan.
  • Tentukan rangka penggantung (hanger) plafon.

Ukur hanger yang akan digunakan dan potong sesuai ukuran tersebut dengan rapi. Jika telah selesai, gantungkan hanger pada rangka atap menggunakan sekrup atau paku yang sudah disediakan. Semakin banyak hanger yang digunakan, maka semakin kuat pula plafon dapat menahan beban.

Pemasangan

Setelah rangka plafon selesai dibuat, maka langkah selanjutnya adalah memasang papan plafon yang sudah disediakan.
  • Memasang lis

Langkah pertama dalam pemasangan plafon rumah adalah dengan memasang lis pada salah satu sudut tembok. Pada dasarnya, lis lebih banyak difungsikan untuk mempercantik langit-langit ruangan. Adapun perlengkapan yang diperlukan untuk memotong lis adalah angle grider. Jangan lupa, kencangkan lis yang Sudah terpasang dengan sekrup atau paku sesuai dengan jenis rangka yang telah dibuat.
  • Memasang lembaran plafon

Agar lebih mudah, pemasangan lembaran plafon menggunakan sistem knock down. Lembaran plafon dipasang satu demi satu dan lebih dulu disesuaikan ukurannya dengan kebutuhan ruangan. Pastikan pemasangan setiap lembar plafon ini dilakukan dengan rapi dan teliti.
  • Finishing

Bila semua lembaran plafon terpasang, periksa kembali terutama pada bagian lis. Jika masih ada bagian yang kurang rapi, maka jangan menunda untuk memperbaikinya. Bila semua Sudah beres, bersihkan plafon dengan kain lap yang bersih



Baja ringan cimahi 0811 2049 113 

No comments:

Post a Comment