Tuesday, August 28, 2018

Tahapan pendempulan dan penggosokan papan gypsum

Pendempulan Papan Gypsum Pada Sambungan Dan Lubang - Lubang Sekrup


Salah satu kelebihan plafon dengan menggunakan papan gypsum adalah tidak terlihatnya sambungan dan juga lubang-lubang sekrup dan hal itersebut sangat tergantung dari cara mendempulnya. Bila pendempulan di lakukan dengan sembarangan atau asal - asalan,  maka hasilnya sambungan akan tetap terlihat. Jadi tahapan pendempulan ini adalah tahapan yang menentukan hasil akhir apakah plafon terlihat rapih atau tidak.

Untuk mendapatkan hasil akhir yang baik pada plafon agar sambungan papan gypsum tidak terlihat di perlukan kesabaran dan kejelian ketika mengerjakannya. Pendempulan yang baik adalah pendempulan yang berulang. Artinya pendempulan tidak cukup 1 kali saja, melainkan harus sampai 2 atau 3 kali, bila rasa masih belum rata, lakukan lagi pendempulan sampai 4, atau 5 kali.

Bahan untuk pendempulan ini biasanya menggunakan Cornice yang di campur dengan air. Pencampuran yang baik harus sedikit agak kental dan jangan terlalu cair dan jangan terlalu banyak dibuat, karena cornice agak sedikit cepat mengering. Peralatan kerja yang di butuhkan untuk pendempulan ini adalah Scrap dempul, ember kecil dan pisau dempul.

Perlu di ketahui pada  sisi tepi papan gypsum yang memanjang bila di lihat baik-baik kebetebalannya agak sedikit tipis. Cara untuk mengetahuinya, siapkan sebuah penggaris atau alat untuk mendempul juga bisa, lalu letakan di antara sambungan papan gypsum, maka di dasar penggaris itu akan ada kelihatan sedikit celah atau rongga, dan itu berarti papan gypsum belum rata. Untuk meratakanya maka di area yang masih ada celah itu harus di dempul sampai celah tidak kelihatan.

Pendempulan papan gypsum harus di lakukan pada bagian - bagian berikut ini :
  • Sambungan Papan Gypsum atau Gypsum Board
  • Lubang-lubang Penyekrupan
  • Papan Gypsum yang terluka atau ada cacat.
Khusus pada bagian tepi papan gypsum di pinggiran tembok, jika mau di pasang dengan profil list gypsum atau bingkai, maka tidak usah di lakukan pendempulan. Karena nanti juga celah-celah atau lubang - lubang sekrup yang terlihat akan tertutup dengan sendirinya oleh profil list gypsum. Namun jika tidak di pasang profil list gypsum, maka harus di lakukan pendempulan. 

Tahapan Penggosokan


Gunakan kertas pasir seperti foto di samping untuk menggosok atau menghaluskan bagian-bagian pada papan gypsum yang sudah di dempul. Kertas pasir tersebut biasa di jual permeter.

Ada 2 teknik penggosokan yang biasa gunakan :
a. Teknik Penggosokan Kering
b. Teknik Penggosokan Basah

Teknik penggosokan kering adalah teknik menggosok langsung dengan kertas pasir pada bagian - bagian papan gypsum yang sudah di dempul, tanpa menggunakan air. Kalo mau menggunakan teknik penggosokan seperti ini, maka pekerja hendaklah dilengkapi dengan tutup kepala dan masker. Karena debu - debu yang di hasilkan bisa menusuk mata hingga pedih. 

Sedangkan penggosokan basah adalah teknik menggosok dengan cara membasahi terlebih dahulu bagian-bagian papan gypsum yang sudah di dempul dengan menggunakan kuas tangan atau kuas, baru gosok dengan menggunakan kertas pasir, lalu sapu kembali hasil gosokannya dengan alat dempul yaitu Scrap sampai busa atau gumpalan air menghilang.  

Tentu saja sebelumnya harus dipersiapkan tterlebih dahulu ember kecil berisi air bersih. Jika air sudah kotor, maka ganti kembali air kotornya dengan air bersih. lakukan berulang penggogokan sampai rata dan pada semua bagian-bagian papan gypsum yang sudah di dempul.

Jika penggosokan semua selesai, tahap selanjutnya adalah pemasangan profil lis gypsum di pinggiran plafon.

Selamat Mencoba




Baja ringan cimahi 

No comments:

Post a Comment