Tuesday, August 14, 2018

Pengertian Spandek Zincalum dan cara pemasangannya untuk membuat kanopi

Atap spandek atau atap zincalume disebut juga dengan atap gelombang spandek, karena permukaannya yang bergelombang, terbuat dari baja bertegangan tarik tinggi, mempunyai daya tahan 4 x lebih tinggi dibandingkan dengan baja biasa. Baja dengan lapisan yang terdiri dari 43,5% seng, 55% aluminium, dan 1,5% silikon, atau yang sering disebut dengan baja galavalum/zincalum, mempunyai lapisan pelindung yang tinggi terhadap korosi.
Campuran dari ketiga bahan di atas dapat menghasilkan suatu jenis atap rumah yang gampang dibentuk, kokoh, dan awet. Di samping itu, bagian permukaan atap spandek juga sengaja dibuat sedemikian rupa agar mudah ditempeli cat, sehingga proses pengecatannya dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Hal inilah yang menjadikan atap spandek cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan manufaktur dan bangunan.
Soal daya tahannya, atap spandek sering diklaim sebagai salah satu material yang paling awet. Rata-rata kekuatan atap ini sanggup bertahan hingga lebih dari 20 tahun. Spandek atap memiliki daya tahan yang kuat karena terbuat dari bahan yang anti pecah, anti keropos, dan anti rayap. Serta adanya komposisi pas antara baja dan seng juga memberi keuntungan lain, yakni atap yang bersifat anti karat. Sehingga tampilan atap bangunan bisa tetap awet dan tahan lama.
Cara Pemasangan Atap Spandek
Untuk memasang atap spandek diperlukan beberapa langkah, yaitu:
  • Mengukur jarak tumpuan
  • Mendesain kuda-kuda baja ringan.
    Ada beberapa faktor dalam mendesain kuda-kuda, yaitu: kekuatannya dalam menahan beban atap, kemiringan atap (agar air hujan dapat mengalir dengan lancar), dan menentukan panjang top chord. Jangan lupa untuk anda menyertakan ahli dalam melaksanakan pekerjaan konstruksi rangka atap, agar tidak terjadi gagal struktur dan sekaligus dapat memperhatikan bagaimana cara pasang atap spandek yang dilakukan.
  • Pemasangan kuda-kuda.
    Setelah desain selesai, barulah pekerjaan pemasangan kuda-kuda dapat dilakukan.
  • Pemasangan reng baja ringan.
    Pemasangan reng bergantung pada jenis penutup atap yang digunakan. Karena sebaiknya reng harus pas dengan lebar daun dari atap. Jadi jarak antar reng tidak selalu sama, tergantung dari jenis penutup yang dipakai.
  • Pemasangan seng atau genteng/atap.
    Cara pasang atap spandek sebaiknya dilakukan dengan rapi agar tidak terjadi kebocoran saat hujan.
  • Pemasangan rabung, nok pinggir, flashing, pemasangan.
    Perlu dilakukan dengan rapi, kuat, dan teliti.
Baja ringan cimahi 0811 2049 113 

No comments:

Post a Comment