Sunday, August 12, 2018

jenis ukuran dan desain baja ringan

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pemasangan atap baja ringan, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu material konstruksi dari baja ringan itu sendiri, bentuk profil baja ringan dan juga jenis ukuran dari baja ringan yang akan digunakan tersebut.
Dalam hal ini, sudah tidak heran kalau setiap orang tentu ingin harga murah tapi berkualitas. Anda tidak perlu khawatir. Kini telah banyak jasa konstruksi yang menghadirkan baja ringan berkualitas dengan low cost alias baja ringan murah.
Sudah banyak sekali yang menghadirkannya, Anda bisa dengan mudah menemukannya dengan mencari misalkan kanopi baja ringan murah depok, kanopi baja ringan murah bogor, atau juga kanopi baja ringan Jakarta, dan lain-lain.
Untuk penggunaan baja ringan, yang umum digunakan adalah baja ringan berbentuk “Canal” atau “C” dan “Omega”. Kesemua bentuk ini dapat dipergunakan sebagai penyusun konstruksi atap baja ringan sebagai rangka atap rumah atau gedung.
Baja ringan murah berbentuk canal dan omega ini sudah cukup mudah dan banyak tersedia di beberapa toko dan jasa konstruksi atau yang menyediakan jasa pemasangan kanopi baja ringan.
Selanjutnya untuk profil batang baja ringan yang palingan banyak digunakan yaitu profil “C”/”Canal”. Bentuk ini dianggap sebagai profil baja ringan. Profil Calal C merupakan profil tertua pada material batang baja ringan. 
Penampang profil ini juga sudah digunakan pada baja konvensional jauh sebelum istilah baja ringan hadir yang hingga saat ini masih dipakai. Pada profil C kelebihan utamanya adalah pada saat digabungkan dua profil C yang saling berhadapan disatukan menjadi “box” atau “kotak”.
Jenis Ukuran Baja Ringan
Sementara terkait dimensi ukuran, tebal baja ringan yang lazim digunakan pada konstruksi baja ringan ini umumnya memliki  ketebalan 0,75 mm hingga 1,00 mm pada batang utama kuda-kuda konstruksi.
Sedangkan pada batten/reng ketebalan yang digunakan mulai 0,40 hingga 0,60 mm. Baja ringan murah di daerah bogor banyak sekali menyediakan baja ringan dengan ketebalan yang telah disebutkan tadi.
Sementara untuk ukuran tinggi profil juga bervariasi mulai dari 70 mm hingga 100 mm dan pada batten/reng tinggi mulai 31mm hingga 60mm. Variasi ukuran ini ditujukan menyesuaikan dengan beban/kekuatan yang disokongkannya.
TRUS/Kaso Metal Baja Ringan
Kaso berbahan plat baja gaya tarik tinggi (G550) / baja ringan yang dilapisi dengan seng dan alumunium atau sering disebut (Zincalume/Galgavalume) namun ada juga yang berbahan Galvanis.
Tinggi profil C ini 75 cm panjang dengan 6 m dengan ketebalan bervariasi. Mulai dari 0,60 mm, 0,65 mm, 0,70 mm,0,75 mm sampai dengan 1 mm. Digunakan sebagai rangka atap baja ringan atau kuda-kuda utama baja ringan.
Reng Baja ringan
Berbentuk trapezium, digunakan sebagai peletakan atap. Umumnya ketebalan reng 0,45 mm dengan tinggi mulai dari 28 mm sampai dengan 40 mm, semakin tnggi profil reng maka semakin kuat. Jika Anda menggunakan genteng beton atau keramik disarankan menggunakan reng minimum tinggi 30 mm. 
Baja ringan Taso
Baja ringan dengan merk taso memiliki ketebalan 0,75 mm dan 1 mm dengan tinggi 7,5 cm dan lebar kaki 3,5 cm dan panjang 6 meter perbatang.
Aksesories meliputi :
  • Bracket L, profil tebal 1,5 mm
  • Dynabolt, diameter 12 mm, panjang 100 mm
  • Baut, type self drilling screw. (Ukuran : 12-14×20 bright zinc (untuk truss) 10-16x bright zinc (untuk reng )


Baja ringan cimahi 0811 2049 113

No comments:

Post a Comment